Jl. Kramat V No. 12 B,
Jakarta Pusat

Home

Untaian Tali Kasih PATELKI NTB pada Korban Gempa Lombok

Written by Admin PATELKI
Bencana alam berupa gempa bumi di wilayah lombok timur pada hari mnggu tanggal 29 juli 2018 yang merupakan gempa besar (6.4 skala richter) membuat seluruh warga lombok mengalami kepanikan hebat. Kondisi tersebut mengakibatkan rumah retak dan sebagian roboh dan miring di daerah lombok timur dan lombok utara. Selang waktu satu mnggu tepatnya hari mnggu 5 agust 2018, lombok kembali diguncang gempa yg jauh lebih dahsyat dari seblumnya yaitu 7 SR.. rumah yang sudah retak, miring kini rata dengan tanah, masyarakat yg sudah panik, semakin dibuat panik dgn adanya infrmasi BMKG bhwa gempa trsebut berpotensi tsunami. Yg selang bbrpa saat di cabut. Warga berhamburan dijalan, shingga semua jalan menuju dataran tinggi menjadi macet.
Fasilitas kesehatan, rumah ibadah pun tak luput dari akibat gempa tersebut. RSUD Tanjung yang berlokasi sangat dekat dengan pusat gempa, gedungnya mengalami keretakan hebat meski masih kokoh berdiri sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pelayanan kesehatan. BNPB kemudian membuat tenda darurat untuk pelayanan kesehatan di lapangan di depan RSUD Tanjung. 
 
gempa susulan dgn magnitudo relatif rendah dlam hitungan menit masih dirasakan. kondisi warga semakin panik dan trauma sehingga warga tidak berani kembali ke rumah. BMKG kemudian berusaha memberikan arahan agar seluruh warga lombok tenang dan tidak panik. Dini hari tgl 6 agust 2018 dlam jumpa pers nya BMKG menjelaskan bhwa gempa yg terjadi pda hari mnggu 5 agust adlah gempa utama dan tidak berpotensi tsunami dan menghimbau kepada warga yang mngungsi ke dataran tinggi dpat kembali ke pemukimannya serta warga yg rumahnya tidak retak, tidak rusak dpat kembali ke rumah masing2 namun tetap waspada.
Tapi Tuhan berkehendak lain, selang waktu beberpa jam dri jumpa pers BMKG, lombok kembali di guncang dgn gempa besar yg ketiga (6,2 skala Richter). Gempa ketiga ini membuat kondisi semakin parah. Rumah warga yg sdh retak oleh gempa pertama dan kedua kini hancur luluh lantah tidak bersisa dan mengakibatkan korban jiwa bertambah banyak. Warga semakin trauma dan gelisah dengan kondisi tersebut sehingga rumah yang retak dirobokan sendiri oleh pemiliknya (ada yang dibantu oleh TNI-Polri) dengan harapan lantai dri rumah yang hancur itu dpat dijadikan alas tidur mereka.
 
Melihat keadaan dalam status darurat tersebut, PATELKI NTB langsung berupaya dengan segala kekuatan yang ada untuk menolong warga lombok baik dari kebutuhan hidup dasar maupun secara psikologis. Dalam keterbatasan kami DPW NTB, Sungguh kesyukuran yang luarbiasa kepada Tuhan YME, bhwa dalam kondisi berat ini, diluar sana kami masyarakat NTB masih punya keluarga, yaitu PATELKI dan sahabat PATELKI NTB, dukungan dan doa membanjiri lahan juang kami, memompa semngat kami untuk tetap tegar dan tabah karena PATELKI hadir untuk PEDULI,  PATELKI datang untuk BERBAGI dan PATELKI satu dengan sejuta aksi.
 
dalam proses penyaluran bantuan yg telah terkumpul di posko PATELKI PEDULI, DPW NTB mnyusun strategi dan membentuk satuan tugas (satgas) yang dipimpin langsung oleh ketua dpw patelki ntb dan yg beranggotakan dri pihak poltekkes mataram, ikatan alumni analis mataram dan AIPTLMI serta patelki sndri, agar apa yang mnjadi harapn kita semua dpat di laksanakan secara maksimal.
1. Untuk mncapai tjuan itu satgas melakukan rpat koordnasi stiap hari rabu siang untk mndata semua kebutuhan yg perlu disiapkn untk  kemudian belanja logistik pada hari kamis dan turun langsung kemasyarkat pada hari jumat, sabtu dn mnggu. Pada awalnya PATELKI NTB memberi bantuan melalui posko - posko pengungsian, namun krena melihat logistik yg menumpuk di posko dan petugas posko kesulitan dalam proses penyaluran krena keterbatsan tenaga, srta bnyaknya keluhan masyakarat yg blum mndpatkan bantuan maka satgas sepakat untuk mmberikan bntuan secara langsung ke kelompok2 pngungsian. Ketika satgas menuju perbukitan alhasil, kami menemukan byk titik pengungsi yang masih belum tersentuh oleh bantuan2. Dan bhkan masih ada yg tidur beratapkan langit krena tidak mampu dan belum mndpatkan terpal. Hari demi hari PATEKI NTB bergandeng tangan untuk terus berupaya memberikan bantuan tersebut meski perjalanan yg ditempuh sangat jauh (2-3 jam dr kota mataram) dan sangat beresiko krena jalan yg dilalui sewaktu2 bisa longsor. Tetapi doa dan suport saudara2 mengalahkan itu semua dan semkin mnambah rasa solidaritas kami. 
 
2. Trauma Healing
Tim PATELKI NTB pun mengadakan trauma healing khusus untuk anak-anak agar mereka bisa tegar dalan menghadapi bencana yang sedang dialami. Rute tim untuk trauma healing mulai dari lombok utara, lombok timur lombok barat kemudian mataram.
 
3. Bantuan dana untuk ATLM yang rumah hancur 
adapun Tim PATELKI NTB akan menggunakan 50% dari total dana bantuan yang masuk untuk membantu ATLM yang berada di NTB untuk bisa kembali membangun rumah nya. Meski terbilang tidak cukup, namun PATELKI NTB tetap komitmen untuk membantu ATLM yang tertimpa musibah. Pertanggal 23 Agusts 2018, Jumlah rumah ATLM yang terdata rusak parah serta roboh sekitar 35 rumah. Dan sabtu tgl 25 agust 2018 patelki ntb akan melalukan program "PATELKI MENYAPA ATLM KORBAN GEMPA" dengan harapan kehadiran kami mampu mnguatkan mereka, mampu mngembalikan semngat mreka sbga ATLM dan mampu menambah kecintaannya terhadap PATELKI...
 
cerita ini hanya sepenggal kisah dari kepedulian sesama manusia Khususnya PATELKI kepada masyarakat luas dan ATLM Indonesia. 
kami di NTB tentu berupaya tiada henti untuk mengambil peran penting dalam penanganan bencana alam ini.
 
kami ucapkan terima kasih banyak kepada semuanya yang telah ikut berperan serta membantu saudara saudara kita di NTB, baik dlam bntuk pikiran, materi maupan tenaga. Semoga TUHAN YANG MAHA KUASA membalasnya...
 
kami memohon doa kepada semuanya, agar kami, satgas, PATELKI NTB, ATLM NTB, serta masyarakat NTB diberikan kesehatan, kekuatan, kesabaran serta keikhlasan dalam menghadapi musibah ini. 
 
 
(sumber:ketua PATELKI DPW NTB_I Made Kartika) 
Departemen Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Antar lembaga DPP PATELKI, 24/8/2018

Add comment

Security code
Refresh